Selasa, 02 Oktober 2012

Konsep dan Fungsi Bisnis

PENGERTIAN DAN FUNGSI BISNIS


Bisnis --> Business --> Busy --> sibuk


  • "Sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan"
  • "Suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya" (Ilmu Ekonomi)
  • Konteks : individu, komunitas atau pun masyarakat.

Bisnis

--> kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai (create  value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and service)  untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.  

Aspek-aspek bisnis:
o Kegiatan individu dan kelompok
o Penciptaan nilai
o Penciptaan barang dan jasa
o Keuntungan melalui transaksi  

Fungsi bisnis dilihat dari kepentingan mikro ekonomi dan makro ekonomi
1. Fungsi Mikro Bisnis


--> Kontribusi terhadap pihak yang berperan langsung
o Pekerja/ Karyawan  
Pekerja menginginkan gaji yang layak dari hasil kerjanya sementara manajer menginginkan kinerja yang tinggi yang ditunjukkan besarnya omzet penjualan dan laba.  
o Dewan Komisaris
Memantau kegiatan dan mengawasi manajemen, memastikan kegiatan akan berjalan mencapai tujuan.
o Pemegang Saham
Pemegang saham memiliki kepentingan dan tanggung jawab tertentu terhadap perusahaan.


2. Fungsi Makro Bisnis


--> Kontribusi terhadap pihak yang terlibat secara tidak langsung.

o Masyarakat sekitar perusahaan
Memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk tanggungjawab perusahaan.

o Bangsa dan Negara
Tanggung jawab kepada bangsa dan Negara yang diwujudkan dalam bentuk kewajiban membayar pajak.   

Elemen dan Sistem Bisnis

o Modal (capital)
Sejumlah uang yang digunakan dalam menjalankan kegiatan bisnis.
o Bahan-bahan (materials)
Merupakan faktor produksi yang diperlukan dalam melaksanakan aktifitas bisnis untuk diolah menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.
o Sumber Daya Manusia (human resources)
Kualifikasi SDM : Memiliki kemampuan kompetitif dan berkualitas tinggi.
o Ketrampilan Manajemen (management skill)
Sistem manajemen yang dijalankan berdasarkan prosedur dan tata kerja manajemen.


Gambar Elemen dan Sistem Bisnis


Bagan Kegiatan Bisnis





Karakteristik Sistem Bisnis

o Kompleksitas & keanekaragaman
o Saling ketergantungan
o Perubahan dan inovasi
 

Bentuk dasar kepemilikan bisnis:

o Perusahaan perseorangan,
o persekutuan,
o perseroan,
o koperasi  

TEKNOLOGI INFORMASI DAN DUNIA 

BISNIS

Dalam dunia bisnis, teknologi informasi mempunyai pengaruh yang nyata. transaksi bisnis dicatat secara on-line, diolah dan  pada saat yang hampir bersamaan (real-time) hasil pengolahan atau informasi dapat dilihat, seperti yang lazim dilakukan para nasabah bank  pada saat melakukan transaksi pada ATM (automated teller machine).
Selain itu, teknologi informasi juga dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce

Sistem E-commerce dapat diklasifikasikan kedalam 3 (tiga) tipe aplikasi berikut, yaitu :

a. Electronic Markets (EMs)

--> EMs adalah sebuah sistem informasi antar organisasi yang menyediakan fasilitas-fasilitas bagi para penjual dan pembeli untuk bertukar informasi tentang harga dan produk yang ditawarkan.


b. Elektronic Data Interchange (EDI)

--> Secara formal, EDI didefinisikan oleh International Data Exchabge Association (IDEA) sebagai transfer data terstruktur dengan format standard yang telah disepakati, yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem komputer lain dengan menggunakan media elektronik . EDI sangat luas penggunaaanya, biasanya digunakan oleh kelompok retail besar, ketika melakukan transaksi bisnis dengan para supplier mereka. EDI memiliki standarisasi pengkodean transaksi perdagangan, sehingga organisasi komersial tersebut dapat berkomunikasi secara langsung dari satu sistem komputer ke sistem komputer yang lain, tanpa memerlukan hardcopy atau faktur, sehingga terhindar dari penundaan,kesalahan yang tidak disengaja dalam penanganan berkas dan intervensi dari manusia.

 

c. Internet Commerce


--> penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk aktivitas perdagangan. Kegiatan komersial ini, seperti iklan dalam penjualan produk dan jasa. Transaksi yang dapat dilakukan di internet, antara lain pemesanan/pembelian barang dimana barang akan dikirimkan melalui pos atau sarana lain setelah uang ditransfer ke rekening penjual.  
     


sumber : materi yang didapatkan pada 
http://viyan.staff.gunadarma.ac.id/ 


2 komentar: